32.1 C
Jakarta

Ini taktik Pinjaman Online PINJOL Ilegal Kelabui Kominfo

Trending

Ini taktik Pinjaman Online PINJOL Ilegal Kelabui Kominfo

Pinjaman online memang bisa dibilang banyak yang ilegal dan tidak dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan. Yap, hal ini bisa berbahaya bagi peminjam karena ini adalah hal ilegal. Memang ada banyak cara digunakan oleh pinjaman online atau pinjol ilegal untuk mengelabui Kominfo. Mantan pegawai pinjol ilegal membeberkan apabila diblokir maka salah satu caranya adalah dengan mengganti nama aplikasi. Si mantan pegawai ini sebut saja namanya Roger, mengakui bahwa kantor pinjol tempat dulu ia bekerja sudah mengganti nama lima kali.

Karena memang sudah diblokir oleh Google Playstore aplikasinya, jadi diakali begitu. Roger mengaku juga bahwa selama tiga bulan ia bekerja di perusahaan pinjol ilegal tersebut perusahaan sudah lima kali mengganti nama aplikasi. Lalu bagaimana dengan nasabahnya supaya tau berganti aplikasi? Dirinya menyatakan bahwa perusahaan akan menginformasikan kepada nasabah dengan memberi link unduhan aplikasi. Kemudian nasabah bisa mengunduh aplikasi baru di Google Playstore.

Pinjol ilegal ini berbahaya, karena bisa mengakses semua kontak yang dimiliki nasabah, memeriksa pesan sms sampai tau juga riwayat telepon selama tiga bulan terakhir. Tentu saja ketika aplikasi diinstal oleh pengguna, maka pengguna perlu menyetujui bahwa aplikasi akan bisa mengakses pesan SMS dan kontak telepon. Setelah pengguna menyetujui, maka pinjol ini bisa mencari sasaran baru dengan kontak yang ada di ponsel nasabah.

BACA JUGA:  Foto Sertifikat Vaksin Korona Jokowi Bocor dan Trending Di Twitter

Lihat Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here